anatomy sepatu safety dr osha

 

  1. Pengeras depan baja (steel toe cap) adalah pengeras depan dari baja yang dipasang pada bagian depan sepatu, berfungsi memperkuat bagian depan dan melindungi jari-jari kaki.
  2. Sol (sole): seluruh bagian paling bawah dari sepatu, mulai dari depan hingga belakang sepatu.
  3. Bagian atas (upper): seluruh bagian pada alas kaki yang menutupi dan melingungi sebelah atas dan samping kaki, bagian atas biasanya terdiri dari beberapa komponen yang dijahit menjadi satu.
  4. Bagian depan (vamp): komponen yang berfungsi menutupi bagian ujung dan tengah kaki.
  5. Bagian samping (quarter): terdiri dari dua bagian kanan dan kiri dari satu komponen sepatu yang berfungsi untuk menutupi bagian samping dalam dan belakang kaki.
  6. Bis belakang (backstay): kulit atau bahan yang dipasangkan pada bagian sambungan antara kedua samping belakang.
  7. Bis atas (top quarter): penguat yang dipasang di bagian samping atas, berfungsi untuk memperkuat bagian samping.
  8. Lidah (tongue): disebut juga dengan lidah sepatu yang berbentuk strip pada bagian punggung kaki. Komponen ini terletak pada bagian atas sepatu yang disambungkan dengan lengkung bagian depan atau menjadi satu secara utuhdengan bagian depan.
  9. Heel (Tumit): tumpuan tumit pada bagian belakang sepatu yang biasanya bias datar atau meninggi. Heel ini terbagi atas dua yaitu: heal seat, dan top piece.
    1. top piece: bagian dari bawah heel yang bersentuhan langsung dengan tanah. Biasanya terbuat dari bahan yang kuat untuk bergesekan dengan segala jenis permukaan tanah.
    2. Heal seat: bagian dari heel yang bersentuhan dengan tumit dan menghubungkannya hingga top piece. Bentuk dari heel seat harus cocok dengan heel untuk dipasang dan menyangga dengan baik dan nyaman.
  10. Breast: bagian dari heel yang menghadap persis pada sol lengkungan atau menghadap ke arah depan sepatu.
  11. Feather: komponen dari sepatu dimana dari ujung upper bertemu dengan sole.
  12. Pengeras belakang (counter): bagian yang agak keras pada bagian tungkak kaki yang berfungsi untuk menjaga dan memperkuat bentuk bagian belakang sepatu.
  13. Penyangga pengeras depan: pelunak yang dipasang pada sisi ujung belakang pengeras depan baja agar tidak melukai punggung kaki.
  14. Sol dalam (Insole): komponen bagian bawah yang menjadi fondasi sepatu,tempat untuk melekatkan bagian atas.
  15. Sol luar (Outersole): lapisan terbawah dari sepatu yang bersentuhan langsung dengan tanah. Bahan dari outsole ini beragam, dapat berupa karet, plastic, kulit keras, kayu, dan bonit. Karakteristik karet yang baik adalah yang mampu menahan dari licin, berbentuk cengkeraman (grip).
  16. Lapisan dalam (lining): lapisan yang ada pada sisi dalam sepatu dan dipasang pada sekeliling dalam sepatu.
    1. Lapis bagian depan (vamp lining): komponen bagian atas sepatu yang melapisi bagian depan sebelah dalam.
    2. Lapis bagian samping (quarter lining): komponen bagian atas sepatu yang melapisi bagian samping sebelah dalam.
  17. Puff: penguat pada bagian depan jari-jari kaki yang berfungsi untuk memberikan bentuk dan tahanan sepatu.
  18. Seat: dudukan heel pada sepatu dimana bentuknya harus cocok dengan heel yang dipasang dan dapat menyangga dengan baik dan nyaman.
  19. Shank: alat besi yang terpasang antara sole dan insole berbentuk panjang dan tipis untuk memperkuat lapisan sepatu, yang biasanya terdapat pada sepatu safety atau sepatu heel.
  20. Throat: bagian depan vamp sebelum ujung sepatu (toecap). Beberapa sepatu memiliki vamp dan quarter yang bersatu sehingga tidak ada bagian throat secara terpisah.
  21. Waist: alas pada bawah sepatu pada bagian joint (tulang sendi).
  22. Welt: material yang menghungkan upper dan sole, bisa berupa kulit, plastik atau bonit.
  23. Platform (dek): Hanya dimiliki oleh model sepatu heels yang solenya berbentuk tebal pada bagian joint (tulang sendi). Pada sepatu jenis wedges, bagian ini terletak pada seluruh permukaan kaki.
  24. Tatakan (stock lining): pelapis sepatu yang melapisi bagian telapak kaki.
  25. Deluxe Padder Collar: Bantalan sepatu yang nyaman.
  26. Stainless Steel Nail-Proof: Baja Stainless yang terbukti kuat dan ampuh menahan.