Perusahaan ini merupakan perusahaan besi baja swasta terbesar di Indonesia. GSG merupakan pemain utama industri besi baja di tingkat Asia Tenggara. GSG pertama kali didirikan pada tahun 1986 di Medan Sumatera Utara diawali dengan bergabungnya PT Gunung Gahapi dan PT Gunung Sakti pada tahun 1978. Selanjutnya, perusahaan ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

 

Pada tahun 1992 mulailah dibangun unit Steel Service Center (SSC) yang fungsinya untuk melayani jasa pra-pabrikasi dan jasa konstruksi. Berturut-turut kemudian dibangun juga Engineering Service Center (ESC) untuk melayni pelanggan secara teknis pada tahun 1997.

 

Secara organisasi, manajemen GSG sejak dulu sudah membangun berbagai unit atau layanan khusus sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Setidaknya ada enam layanan khusus yang dimiliki GSG, yaitu Steel Service Center (SSC), Engineering Service Center (ESC), Forming Service Center (FSC), Bar Service Center (BSC), Plate Service Center (PSC),  dan Coil Service Center (CSC).

 

Selain berfungsi sebagai unit layanan, kelimanya juga berfungsi sebagai unit kajian yang terus melakukan inovasi atau peningkatan kualitas produk. Sekarang keenam unit itu melebur ke empat perusahaan di bawah bendera GSG.

 

Saat ini sebagai perusahaan konsolidasi, GSG memiliki empat anak perusahaan yaitu, PT Gunung Garuda yang membawahi layanan SSC dan ESC serta memproduksi 8 produk keluaran yaitu Angle, Honey Comb, King Cross, H Beam, Cell Form, Wuenn Cross, H-Beam dan IWF.

 

Selanjutnya PT Gunung Raja Paksi yang didirikan pada tahun 2001 dengan lini layanan Forming Service Center (FSC), Bar Service Center (BSC), Plate Service Center (PSC),  dan Coil Service Center (CSC), serta lebih dari 25 produk besi baja mulai dari plat baja, pipa ERW, kawat besi,  hingga paku.

 

Perusahaan ketiga adalah PT Gunung Gahapi Sakti yang memproduksi besi baja untuk kebutuhan kontruksi dan industri berskala besar. Saat ini PT Gunung Gahapi Sakti berlokasi di Medan, Sumatera Utara.

 

Perusahaan yang paling muda adalah PT Gunung Steel Constructions yang berlokasi tidak jauh dari Gunung Steel Group di Cikarang. Perusahan ini melayani jasa konstruksi dinataranya pembangunan jembatan atau gedung.