‎Restaurant Clean Up – Perhatikan 5 Hal Penting ini Saat Membersihkan Dapur Restoran

Cara Menjaga Dapur Anda Tetap Bersih dan Aman

Selain memerhatikan kualitas produk, para pengusaha yang bergerak di bidang food and beverages tentu saja juga harus memerhatikan kebersihan serta kerapihan dapur, terlebih saat Anda mempunyai restoran. Area depan, makan, sampai dapur harus terlihat bersih dan rapi. Kebersihan dapur harus diperhatikan, dimulai dari permukaan atas, sampai permukaan bawah yang terselip serta tersembunyi. Dan untuk membersihkan noda yang biasa muncul di permukaan, perlu menggunakan air hangat.

Sebagai seorang owner, Anda pasti harus membuat standard untuk kebersihan restoran, agar terhindar dari beragam kecelakaan di area dapur. Seperti cleaning equipment sampai metode membersihkannya. Masalahnya Anda harus training pegawai Anda dengan cara khusus untuk perihal kebersihan ini. Untuk restoran yang mempunyai open kitchen, kebersihan dapur harus jadi perhatian khusus. Berikut beberapa hal yang perlu jadi perhatian saat membersihkan restoran, di mulai dari ruang makan sampai dapur.

Bersihkan Permukaan Minyak yang Licin

Langkah membersihkan lantai yang tidak efektif, bisa mengakibatkan kecelakaan, baik itu terpeleset atau jatuh. National Floor Safety Institute menjelaskan sekitar 55% kecelakaan, seperti seseorang tergelincir serta jatuh dikarenakan oleh permukaan lantai tersebut. Ini mengakibatkan cedera potensial, yang berpengaruh pada reputasi buruk untuk bisnis Anda. Untuk commercial kitchen bisa memakai anti-slip mat dan juga penggunaan sepatu safety untuk menghindari permukaan lantai yang licin.

Gunakan Cairan Pembersih

Pakai cairan pembersih desinfektan yang terbukti lebih efisien dalam mengurangi bakteri 6 -30 kali lebih efisien untuk lantai. Anda dapat mengandalkan air bersih untuk mencucinya. Semprotkan cairan pembersih ke seluruh permukaan meja, lalu keringkan dengan kain lap pertama. Pakai cairan spiritus atau chemical yang lain yang sesuai kebutuhan restoran Anda.

Pakai Clear-Up Trolley

Bawalah trolley ke meja yang akan dibersihkan serta gunakan trolley untuk meletakkan perlengkapan kotor. Kemudian, bawa ke loket dishwasher. Ini untuk hindari sisa-sisa kotoran dari piring atau gelas jatuh di jalan waktu membawanya ke dapur.

Pisahkan Sampah

Membersihkan sisa makanan serta masukan ke tong sampah. Pisahkan sampah organik serta anorganik. Ini untuk mempermudah dalam membuang sampah. Jangan meninggalkan sampah semalaman dalam tempat sampah, karena akan meninggalkan bau yang membuat udara restoran jadi bau di esok harinya.

Bersihkan Seluruh Peralatan Masak

Membersihkan oven, pemangang, kompor dengan spons atau scrubbing pad yang diberi sabun serta air. Sikatlah sisa-sisa pembakaran yang ada pada alat pemanggang atau grill dengan sikat kawat. Setelah selesai dibersihkan, tempatkan kitchen appliances pada tempatnya, agar gampang dicari saat diperlukan.