Cara Mengetahui Masa Pakai atau Masa Kadaluarsa Sepatu Safety

Sepatu yang awet adalah impian setiap pengguna. Namun terkadang banyak dari kita yang tidak paham, kenapa bagian dari sepatu atau sepatu safety mengalami kerusakan. Bagian sepatu safety shoes yang seringkali mengalami kerusakan ialah pada SOL SEPATU, atau yang biasa disebut sebagai tapak sepatu safety, alas sepatu safety atau out sole (dalam bahasa Inggris).

SOL sepatu safety shoes terletak pada sisi paling bawah sepatu dan langsung bersentuhan dengan tanah. Ada banyak bahan yang digunakan sol tersebut, antara lain Rubber (karet), Polyurethane (PU) serta Thermo Plastic Urethane (TPU).

Pada tipe Polyurethane (PU) serta Thermo Plastic Urethane (TPU) ini yang memiliki masa EXPIRED atau waktu kadaluarsa. Umumnya berkisar 1-2 tahun sejak sepatu itu diproduksi. Keunikan bahan SOL Polyurethane (PU) serta Thermo Plastic Urethane (TPU)ini ialah bila sepatu digunakan dan dibersihkan secara rutin maka semakin awet, bahkan dapat bertahan sampai 2-4 tahun masa pemakaian. Sedangkan bila hanya disimpan tanpa digunakan malah akan gampang rusak, dengan masa kadaluarsa SOL sepatu safety shoes 1-2 tahun seperti tertera di atas.

Bagaimana Cara Cek atau Mengetahui Tanggal Produksi Sepatu Safety Shoes?

Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Sepatu Safety, Di bagian bawah SOL sepatu safety shoes ada LINGKARAN kecil tertulis angka 2 digit di dalamnya dan ada angka mengelilingi lingkaran seperti angka pada jam dinding. Dua digit angka di tengah lingkarann menunjukkan TAHUN PRODUKSI, contohnya angka 20 berarti sepatu safety shoes itu diproduksi tahun 2020.

Selanjutnya ada tanda panah seperti jarum jam akan menunjukkan angka di luar lingkaran. Misalnya jarum itu menunjukkan angka 3 maka sepatu itu diproduksi pada bulan 3, yaitu bulan MARET. Sehingga sepatu safety itu diproduksi pada bulan MARET 2020.

Bila waktu expired SOL sepatu safety shoes itu dihitung 1 tahun ke depan, maka Anda masih aman membeli sepatu itu maksimal bulan FEBRUARI 2021. Selanjutnya bila digunakan setiap hari maka umur sepatu itu akan bertambah 2-4 tahun, tergantung pemakaian serta perawatannya.