Langkah Tepat Perawatan Alat Berat dalam Industri Proyek Pembangunan

cara perawatan alat berat

Perlengkapan berat dalam industri biasanya dipakai pada bidang pekerjaan seperti pertanian, pertambangan, konstruksi, pergudangan sampai manufaktur. Pemakaian alat berat dalam beberapa industri ini bisa menjunjung produktivitas optimal dalam kepentingan pengolahan beragam produk. Beberapa alat berat yang biasanya seringkali dipakai diantaranya wheel loader, excavator, truck, tractor, forklift, dan lain-lain.

Tentu saja, seperti peranan alat berat, karenanya beban kerja dari alat berat itu berat. Beban kerja yang berat pasti butuh diimbangi dengan pemeliharaan atau perawatan yang pas. Sebab jika terjadi kerusakan, karenanya ongkos penggantian untuk beberapa alat berat itu cenderung tinggi. Bukan hanya itu, produktivitas dapat terganggu hingga mengakibatkan kerugian baik dengan finansial sampai process terlambat.

Perawatan alat berat mencakup upaya-upaya mencegah atau perbaikan atas kerusakan elemen, dan usaha pemeliharaan agar performa alat berat itu masih sempurna seperti baru. Oleh karenanya, dengan keadaan yang telah berbeda, tetapi pastikan performa serta material masih memiliki fungsi maksimal untuk mengemban beban pekerjaan. Dengan dilaksanakannya program pemeliharaan yang pas, karena itu kerja hasil tetap maksimal serta dalam periode panjang bisa meningkatkan efisiensi finansial berkaitan pengurangan frekuensi pembelian alat berat yang baru.

Berikut beberapa panduan perawatan pada alat berat:

Kontrol Sebelum Dipakai

Panduan pertama yang perlu dilihat ialah terus lakukan pengecekan sebelum menjalankan alat berat. Dari mulai bahan bakar, keadaan komponen, sampai suku cadang. Tidak hanya untuk menghindarkan dampak pekerjaan macet ditengah-tengah jalan, pengecekan seperti ini dibutuhkan untuk menjamin keselamatan pemakai serta sekelilingnya.

Sebelum dipakai, tepatnya saat mesin baru dihidupkan, lihat dengan cermat jika ada suara atau getaran yang tidak semestinya. Jika alat berat keluarkan bunyi atau hal-hal lain yang tidak biasa, berarti bisa diibaratkan ada penurunan atau gesekan efisiensi kapasitas mesin. Untuk masalah semacam ini lebih bagus segera dikerjakan perbaikan sebelum alat itu makin rusak nanti. Sebab pemaksaan pemakaian dengan keadaan mesin atau alat yang tidak sempurna, bisa menyebabkan kerusakan yang lebih fatal atau berdampak memunculkan kecelakaan dalam pengoperasiannya.

Perawatan Periodik

Tidak hanya lakukan kontrol secara teratur, seharusnya perlengkapan berat yang dipakai bebas dari kotoran yang menghalangi kapasitas alat. Jadi pembersihan alat sangatlah bermanfaat untuk menjaga komponen yang seringkali dipakai, terlebih untuk beban kerja yang berat. Ini bisa meminimalisir terhambatnya pergerakan alat, dan mengontrol kondisi komponen supaya tetap utuh.

Kerjakan perawatan dengan berkala yang mencakup waktu kerja mesin atau seringkali disebutkan juga HM. Ini untuk mengetahui usia kira-kira sparepart harus ditukar sebelum berlangsung kerusakan. Seringkali ditemukan pada bagian yang terkait dengan pelumas serta bahan bakar.

Overhaul & CBM

Agar alat berat masih sesuai dengan standard, Overhaul harus mencakup pengkondisian pada sparepart serta komponen pada alat berat itu. Perlu adanya perencanaan secara teratur sebelum terjadinya sebuah kerusakan. Selanjutnya, Anda perlu perencanaan untuk lakukan Condition Base Maintenance (CBM) untuk mengontrol alat berat masih dalam kondisi sebelumnya, atau detail setting standard seperti keluaran produksi.

Tidak hanya Overhaul serta langkah CBM, kerjakan pengurangan downtime unit. Hal tersebut diperuntukkan agar kapasitas alat berat masih optimal walaupun telah berumur. Disamping itu, kerusakan yang terdeteksi sejak dini sangat mungkin Anda untuk kurangi biaya yang tidak dibutuhkan.

Jika langkah diatas sudah dikerjakan, maka pekerjaan operasional yang membutuhkan alat berat bisa berjalan secara lancar. Dengan memahami langkah perawatan alat berat sesuai dengan petunjuk dari pabrikan, dibutuhkan kesadaran pemakai untuk lakukan inisiatif pada perlengkapan serta komponen didalamnya.