Jenis-Jenis Pekerjaan Di Perusahaan Batu bara

jenis pekerjaan batu baraBatu bara berperan dalam industri produksi semen, aluminium, pabrik kertas, bahan kimia dan obat-obatan. Selain daripada itu, beberapa produksi seperti bahan metanol, garam amoniak, produk pupuk pertanian, zat pelarut dan pewarna, plastik, serta logam silikon juga menggunakan batu bara.

Di Indonesia sendiri, batubara biasanya digunakan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik. Batu bara menjadi bahan bakar yang dikonversikan ke dalam bentuk uap panas dan menjadi sumber tenaga pembangkit listrik.

Batu bara sangat mendukung perekonomin negara. Batu bara di Indonesia menjadi komoditi ekspor untuk negara yang tidak memiliki sumber batubara. Batu bara juga dapat meningkatkan perekonomian rakyat karena proses produksiya yang khusus

Pekerjaan di Industri batu bara membutuhkan banyak pekerja dalam bentuk rentang gaji dan jenis pekerjaan yang luas.  Posisi Pekerjaan di Industri batubara dapat kelompokan menjadi 4 kategori umum:

•    Ilmuan bumi dan lingkungan;
•    Teknisi;
•    Operator, dan
•    Administrasi dan pemasaran.

jenis pekerjaan tambang batu bara

Ilmuan Bumi dan Lingkungan

Berperan untuk menemukan lapisan batu bara dan memastikan proses pertambangan dilakukan dengan meminimalkan dampak lingkungan.

Ahli geologi

Berperan untuk mencari dan mengevaluasi tambang batubara. Mereka mengidentifikasi cadangan batubara dengan menggunakan pengeboran dan alat atau teknologi canggih dalam dunia geofisika.Dengan menciptakan model komputer canggih tiga dimensi yang menentukan bentuk, ukuran dan kualitas lapisan batubara yang akan ditambang. Mereka kemudian memberikan informasi guna meningkatkan efisiensi pertambangan dan pengolahan batubara, dengan terus menjaga kualitas produk.

Spesialis Lingkungan

Memiliki tingkat pendidikan pasca-sarjana menengah dalam ilmu biologi, tanah, pertanian atau kehutanan.
Para Spesialis Lingkungan membantu industri batubara mengikuti standar dunia yang tinggi di bidang lingkungan. Pekerjaan mereka berfokus untuk melindungi tanah dan satwa liar, serta pemantauan kualitas air dan udara.

Spesialis lingkungan ini terlibat langsung sangat erat hubungannya di sepanjang siklus pertambangan secara keseluruhan. Mereka menganalisis rencana pembangunan untuk mengidentifikasi potensi dampak terhadap satwa liar, vegetasi, air, udara, tanah, dan masyarakat sekitar. Mereka juga memantau operasi untuk memastikan bahwa standar lingkungan terpenuhi. Akhirnya, mereka bekerja untuk mengembalikan (rehabilitasi) setiap lokasi tambang ke keadaan yang produktif untuk rekreasi pertanian, kehutanan, habitat satwa liar, dan penggunaan lainnya.

Teknisi

Profesional di bidang layanan teknis termasuk diantaranya adalah insinyur dan spesialis sistem informasi. Mereka bekerja untuk memaksimalkan keselamatan tambang, efisiensi proses dan produksi dengan menerapkan teknologi terbaru. Insinyur industri batubara mengkhususkan diri dalam bidang-bidang seperti pertambangan, teknik elektro, mesin, sipil dan komputer.

Insinyur

Insinyur secara langsung terlibat dalam semua tahap penambangan dan operasional teknis. Sebelum proses dimulai, insinyur mengevaluasi model geologi untuk kelayakan teknis dan ekonomi. Mereka mengembangkan rencana untuk pertambangan dan penanganan bahan, dan proses untuk mengekstraksi, pemuatan dan pengangkutan batubara.

Mereka mendesain jalan raya, sistem tenaga dan fasilitas pengolahan. Para insinyur ini kemudian mengintegrasikan semua operasi ini dengan rencana reklamasi dan pengelolaan kualitas air dan udara. Sepanjang umur tambang, insinyur bertanggung jawab untuk memantau dan menilai semua kegiatan konstruksi dan produksi. Insinyur juga berpartisipasi dalam penelitian, pemeliharaan peralatan, pemasaran, manajemen dan proses persetujuan peraturan.

Spesialis Sistem Informasi

Spesialis Sistem Informasi bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengelola dan mengatur informasi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produktivitas dan efisiensi dalam industri batubara. Mereka bekerja di lokasi tambang atau di kantor perusahaan.

Sistem informasi personil cenderung mengkhususkan diri dalam sistem teknis atau komersial. Kelompok teknis menginstal dan memelihara perangkat keras komputer dan melakukan layanan yang berkaitan dengan fungsi-fungsi seperti perencanaan tambang, pengiriman peralatan dan survei. Kelompok komersial memiliki spesialisasi dalam akuntansi dan administrasi.

Operasional

Karyawan operasional, para pekerja garis depan di lokasi tambang, masuk ke dalam tiga kategori besar:

•    Operator Peralatan;
•    Pekerja Terampil, dan
•    Pengawas.

Operator Peralatan  Peran Opersasi Peralatan yaitu menjalankan alat berat yang digunakan untuk mengambil, memuat dan mengangkut batu bara. Peralatan ini termasuk dragline, shovel, pencakar, buldoser dan truk angkut. Dalam fasilitas pengolahan batu bara, tenaga khusus yang bekerja di ruang kontrol otomatis memantau dan mengontrol peralatan yang digunakan untuk menghancurkan, mencuci dan mengeringkan batu bara. Mereka juga bertanggung jawab untuk memuat batubara ke dalam unit kereta.

Pekerja Terampil

Pekerja Terampil termasuk mekanik elekronik, mekanik berat dan tukang las- sangat penting untuk operasi setiap tambang. Pekerja terampil harus mendapatkan pelatihan dari perguruan tinggi dalam hubungan dengan kegiatan kerja mereka, -tugas mekanika, tukang las, listrik, dan teknis-. Kontribusi mereka sangat penting, industri batubara sering bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk memastikan bahwa program-program pelatihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik di industri pertambangan.

Secara tradisional, posisi Pengawas Pertambangan diisi oleh operator dan pekerja trampil yang dipromosikan karena mereka telah menunjukkan kepemimpinan yang kuat dan memiliki keterampilan manajemen. Tapi zaman berubah. Kecenderungan saat ini posisi pengawasan diisi oleh para profesional operasi atau teknik dengan kualifikasi pasca-sarjana menengah. Sekarang, hampir semua posisi manajemen senior tambang diisi oleh lulusan dari universitas atau sekolah teknik.

Administrasi dan Pemasaran

Seperti di sebagian besar industri, karyawan Administrasi Perusahaan batubara terlibat langsung dalam produksi batubara. Kelompok administrasi memonitor dan mengelola bisnis sampingan dari industri pertambangan. Akuntan mengawasi pendapatan dan pengeluaran.

Profesional di bidang SDM mengelola kepegawaian. Spesialis keselamatan kerja dan petugas lainnya  memberikan pelatihan dalam prosedur industri. Spesialis hukum, transportasi dan urusan publik juga termasuk dalam kategori ini. Manajer senior dan eksekutif berasal dari berbagai latar belakang profesional, umumnya dari bagian teknik dan akuntansi.

Segmen Pemasaran industri batubara adalah kelompok kecil khusus, dengan tanggung jawab yang sangat besar. Peran mereka adalah untuk mengidentifikasi pelanggan dan negosiasi perjanjian penjualan batubara yang diproduksi oleh perusahaan mereka.

 

Artikel terkait lainnya

  • Perencanaan K3 Pekerjaan Bidang KonstruksiPerencanaan K3 Pekerjaan Bidang Konstruksi   Pekerjaan bidang konstruksi adalah merupakan hal yang kompleksitas dan begitu banyak melibatkan unsur ataupun pihak lain, terutama tenaga kerja, alat dan bahan material […]
  • Tujuan dan Fungsi K3 Dalam Produktivitas KerjaTujuan dan Fungsi K3 Dalam Produktivitas Kerja Perkembangan industri di Indonesia sekarang ini berlangsung sangat pesat. Proses industrialisasi makin cepat dengan berdirinya perusahaan dan tempat kerja yang beraneka ragam. Hal ini […]
  • Penyebab Kecelakaan KerjaPenyebab Kecelakaan Kerja Dunia usaha Indonesia saat ini sedang menghadapi perubahan besar dan cepat sebagai dampak globalisasi dan liberalisasi perdagangan dunia, sehingga perlu meningkatkan daya saing dengan […]
  • Prosedur Keselamatan Kerja Pekerja Saat Menggunakan Peralatan Las Oksi-AsetilinProsedur Keselamatan Kerja Pekerja Saat Menggunakan Peralatan Las Oksi-Asetilin Seperti halnya langkah pengelasan yang lainnya, las oksi-asetilin dipakai untuk menyambung dua sisi logam dengan permanen tanpa atau dengan bahan pengisi. Akan tetapi perlu untuk diketahui […]
  • Laporan Kecelakaan KerjaLaporan Kecelakaan Kerja Mengumpulkan fakta-fakta (dengan cara peninjuan on the spot, wawancara dan lain-lain) adalah bagian dari pekerjaan berkaitan dengan pemeriksaan kecelakaan kerja. Nilai dari perkerjaan […]
  • Pengertian Keselamatan dan Kesehatan KerjaPengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja Data laporan kecelakaan kerja yang tersedia dapat diketahui bahwa jumlah kasus kecelakaan kerja dari tahun 2003 sampai 2006 secara berturut-turut sebanyak 2003 sebanyak 4 kasus , 2004 […]
  • Sepatu Safety Sebagai Alat Keselamatan KerjaSepatu Safety Sebagai Alat Keselamatan Kerja Alat keselamatan kerja adalah alat yang wajib digunakan oleh setiap pekerja lapangan dengan kondisi medan kerja yang ekstrim sebagai bagian dari alat pelindung diri. namun tak banyak dari […]
  • Keselamatan Kerja dan Kesehatan Di Industri KonstruksiKeselamatan Kerja dan Kesehatan Di Industri Konstruksi Industri konstruksi merupakan sektor industri yang mempunyai tingkat risiko tinggi baik dari segi risiko usaha maupun risiko keselamatan kerja dan kesehatan. Berdasarkan data dari […]
  • Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Di Industri PertambanganKesehatan Dan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Di Industri Pertambangan Pekerjaan pertambangan merupakan pekerjaan yang harus mendapat perhatian ekstra karena pekerjaan pertambangan mempunyai tingkat resiko yang cukup tinggi. kesehatan dan keselamatan kerja […]
  • Kebijakan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja LaboratoriumKebijakan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Laboratorium Kesehatan kerja (Occupational health) merupakan bagian dari kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan semua pekerjaan yang berhubungan dengan faktor potensial yang mempengaruhi […]
  • Sejarah Sepatu BootsSejarah Sepatu Boots Untuk mengulas sejarah sepatu boots, Baiknya kita flash back ke ke beberapa ratus tahun ke belakang. Saat ini sapatu boots mulai merambah ke dunia fashion
  • Situasi Kesehatan KerjaSituasi Kesehatan Kerja Badan pusat statistik mengestimasikan puncak bonus demografi (keuntungan/peluang yang akan didapat oleh suatu negara jika mencapai kondisi rasio ketergantungan rendan karena jumlah […]
  • 4 Cara untuk Menyusun Laporan Investigasi Kecelakaan Kerja4 Cara untuk Menyusun Laporan Investigasi Kecelakaan Kerja Cara untuk menyusun laporan investigasi kecelakaan kerja - Kecelakaan kerja adalah hal terburuk yang perlu diatasi oleh banyak profesional Keselamatan serta Kesehatan kerja sebab tidak ada […]
  • Kesehatan kerja dan Keselamatan kerjaKesehatan kerja dan Keselamatan kerja Keselamatan kerja yaitu: Keselamatan yang bertalian dengan mesin, pesawat, alat kerja, bahan dan proses pengolahannya, landasan tempat kerja dan lingkungannya serta cara-cara […]
  • 3 Penyebab Terjadinya Kecelakaan di Jalan Raya3 Penyebab Terjadinya Kecelakaan di Jalan Raya Merujuk pada data penjualan sepeda motor Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), terlihat bahwa penjualan sepeda motor terus bertumbuh. Data itu menyebutkan empat tahun terakhir, […]