Kurangi Kecelakaan Industri dengan Kegunaan LOTO Safety

Kegunaan LOTO Safety

Tahukah Anda? Tercatat sekitar 120 kecelakaan berat serta 50 ribu luka serius berlangsung di benua Amerika tiap tahunnya sebab tidak berhasil mengatur listrik berbahaya di cakupan industri. Angka terbanyak berlangsung saat melakukan perbaikan atau prawatan mesin serta perlengkapan produksi.

Pemicu dari kecelakaan itu hanya satu, yaitu muncul energi berbahaya yang lepas tanpa switch/ penghambat dari mesin yang sedang menyala hingga menyebabkan kecelakaan serius seperti tersetrum sampai kebakaran. Untuk menangani hal tersebut, dibutuhkan yang namanya LOTO gunanya untuk membuat perlindungan pekerja yang sedang berhubungan langsung dengan mesin yang sedang bekerja.

Apakah itu LOTO? Secara ringkas LOTO adalah proses penyelamatan untuk menutup sumber energi pada mesin saat sedang dilaksanakan perbaikan/ pemeliharaan. Dalam ini, LOTO mengatur pelepasan energi berbahaya dari mesin dengan diisolir.

LOTO terbagi dalam dua elemen, yaitu Kunci gembok serta Tag Label. Kunci gembok (Lockout) kerja dengan menutup atau menutup energi berbahaya yang bisa muncul dengan memakai perlengkapan khusus berbentuk kunci switch. Dengan begitu, keselamatan pekerja yang terkait langsung dengan mesin itu bisa lebih terjamin.

Kunci Gembok Lockout

Sementara tagout ialah alat berbentuk tag/ merek untuk memperlihatkan atau memperingatkan bahaya dari satu mesin, sakelar dan lain-lain yang telah di-lockout.

Merek/ Tag LOTO

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, LOTO biasanya dipakai untuk hindari kecelakaan saat kerja langsung dengan mesin. LOTO inipun sering menjadi perhatian beberapa pelaku industri berkaitan angka kecelakaan yang tinggi, hingga ada ketentuan serta SOP tentang pentingnya skema LOTO.

Tipe energi yang bisa diisolasi umumnya berbentuk energi kinetik serta energi prospek listrik. Energi kinetik adalah energi yang membuat objek bisa bergerak, sedang energi prospek listrik ialah energi prospek yang dibuat dari gaya-gaya Coulomb konvensional serta diasumsikan dengan komposisi beberapa muatan-muatan titik dalam satu skema. Ke-2 tipe energi ini bisa menyebabkan kecelakaan jika tidak dikontrol secara baik.

Beberapa macam industri yang harus memakai LOTO diantaranya industri perawatan serta perbaikan mesin, industri produksi massal, serta industri yang memakai skema transmisi serta distribusi beberapa hal yang mempunyai desakan, seperti minyak, gas, air dan lain-lain.

LOTO diterapkan dekat dengan sumber energi pada mesin, umumnya pada perawatan mesin serta pemasangan mesin baru. Tujuannya membuat perlindungan pekerja yang melakukan pekerjaan dekat/ bersentuhan dengan mesin yang sedang berjalan.

Beberapa industri mengimplementasikan sirkuit breaker untuk hentikan arus listrik, tetapi skema LOTO ini lebih aman dipakai untuk SOP pada industri energi, manufaktur, konstruksi, sampai pertambangan pada mesin-mesin yang seringkali membutuhkan pemeliharaan/ perbaikan.

Implikasi serta Pemasangan Skema LOTO

Jika ada pekerja yang lakukan pekerjaan yang mewajibkan ia menempatkan badannya, baik sebagian atau seluruh badan pada mesin atau perlengkapan yang menyimpan energi, karena itu mekanisme LOTO perlu diaplikasikan. Dalam ini ada dua tipe pekerja, yaitu authorized employee, yang disebut pekerja yang memiliki hak melakukan atau mengaplikasikan LOTO. Serta yang ke-2 ialah affected employee, yang lakukan pekerjaan harus dengan implikasi LOTO.

Nah, perlengkapan lockout yang bisa dipakai diantaranya alat pengunci ganda (kunci gembok) untuk menutup kotak elektrik, tangkai penahan, perangkat keselamatan yang dipakai pada mesin bertekanan, rantai serta kunci gembok serta beberapa alat lainnya yang diperuntukkan untuk menghindari mesin dari pelepasan energi berbahaya.

Sementara tagout yang disebut safety tag atau merek keselamatan. Tentu saja, merek ini harus bersifat bertahan lama serta masih bisa dibaca tulisannya supaya pekerja mudah mengerti bahaya dari tempat yang digembok itu.

Pemasangan LOTO

Dalam instalasi LOTO, Anda perlu memerhatikan sumber energi mana yang akan dikendalikan serta pelajarilah dengan cara detil. Kerjakan pengecekan pada semua perlengkapan dan tetapkan posisi pengunciannya. Setelah itu, tunjuk pekerja yang akan lakukan LOTO, umumnya pekerja yang termasuk juga dalam authorized employee. Tetapi awalnya pastikan mereka memperoleh briefing sebelum lakukan pekerjaan berkaitan mekanisme dan risiko yang akan ditemui.

Lalu matikan semua mesin serta perlengkapan sesudah memberi teguran pada tiap orang yang akan terkait dengan mesin itu. Sesudah mesin dimatikan dengan cara keseluruhan, selanjutkan sumber energi diisolasi, serta terpasangkan LOTO. Energi berbahaya yang masih tetap tersimpan perlu dilepaskan atau dibuang dengan aman. Penelusuran kembali lagi pada sumber energi itu perlu dilaksanakan untuk pastikan energi tidak ada.

Dengan ikuti mekanisme ini tersebut, diharpakan para pelaku industri bisa hindari kecelakaan yang mempunyai potensi muncul saat berlangsung perbaikan pada mesin.