Penggunaan dan Perawatan Kompresor Yang Wajib di Perhatikan

perawatan kompresor screw

Kompresor adalah alat mekanik yang berperan untuk menghasilkan udara bertekanan dengan memampatkannya. Berbagai bidang seperti bagian medis, industri banyak yang menggunakan kompresor  (misalnya: kulkas serta ac).

Tetapi, kompresor bisa mengalami kerusakan bila dipakai secara tanpa memerhatikan faktor kebersihannya secara terus menerus serta tidak diperhatikan keamanannya. Berikut berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu anda pahami dalam perawatan serta pemakaian kompresor.

Mematikan Kompresor bila Tidak Digunakan

Terdapat 168 jam dalam satu minggu, tapi sebagian besar sistem kompresor hanya digerakkan pada atau bila mendekati kemampuan penuh di antara 60-100 jam. Mematikan kompresor anda di saat malam hari serta akhir pekan bisa mengurangi pembebanan listrik anda sampai 20 %. Serta tentu saja mengontrol lifetime dari kompresor itu.

Tetap Memeriksa Kandungan Bahan Bakar pada Kompresor Anda

Pastikan untuk memeriksanya setiap kali sebelum digunakan, bila kompresor memerlukan bahan bakar solar. Dapat terjadi kerusakan serius pada kompresor bila kandungan solarnya kurang. Sesudah pemakaian selama 500-1000 jam, anda harus mengganti bahan bakar itu dengan bahan bakar yang masih tetap baru (fresh).

Membersihkan Air Filter

Bila air filter anda kotor, kompresor anda harus kerja lebih keras serta dan memakai lebih banyak energi untuk menyelesaikan kerjanya. Anda akan menimbulkan dampak dari kompresor yang terkontaminasi. Rutin menggati dan memeriksa filter dengan teratur segera ganti bila mempunyai sejumlah debu serta kotoran dalam filter. Bila anda jarang memakai kompresor, gantilah air filter anda tiap 3-6 bulan.

Mengubah Komponen Separator

Komponen separator bertanggungjawab dalam menahan pemakaian bahan bakar yang berlebihan. Tagihan akan terus berlonjak bila anda tidak menggantinya secara periodik. Untuk tiap 2 tetes PSI dalam desakan separator, tagihan anda bisa bertambah sekitar 1%.

Perbaikilah Kebocoran yang Ada

Skema pipa yang masa pakainya sudah melebihi 5 sampai 10 tahun bisa mempunyai kebocoran kurang lebih sampai 25 %. Hal itu disebabkan diperlukan energi untuk menghasilkan udara yang terkompresi, tiap udara yang mengalami kebocoran membuat uang terbuang sia sia. Seputar 80 % dari kebocoran udara tidak bisa terdengar, hingga untuk meminimalisir permasalahan ini, dukungan pihak service profesional dalam mengetahui kebocoran ini kemungkinan jadi suatu kewajiban yang dapat menimbulkan keselamatan kerja.

Periksa Aliran Air

Aliran air kondensat pada timer harus sesuai secara berkala untuk pastikan mereka terbuka sesuai kegunaannya atau mungkin tidak ter-stuck ketika buka. Lebih bagus lagi, ganti aliran timer dengan aliran nol-loss untuk hentikan udara yang terkompresi terbuang.

Recover Heat

Ini adalah teori fisika paling sederhana yang mengompresi udara untuk melepas panas, serta sekitar 90 % dari panas yang bisa dipulihkan untuk dipakai dalam operasi kompresor anda. Misalnya, anda bisa menghasilkan air panas untuk kamar kecil atau udara hangat langsung ke ruangan kerja, gudang, loading dock, atau pintu masuk.

Menjaga Kompresor Supaya Bersih

Suatu kompresor yang kotor adalah kompresor rusak. Kompresor udara anda harusnya belum pernah mengalami kebocoran bahan bakar. Jangan dibiarkan debu bergabung pada pompa, motor, atau wilayah sekitar sirip pendingin. Jaga kompresor anda masih bersih serta tertutup secara benar, penimbunan debu hanya akan menahan jalannya ventilasi yang baik serta mengeluarkan panas sehingga mengurangi temperatur dengan tepat serta menjaga pengoperasiannya dengan lancar.

Itulah beberapa hal dalam perawatanan serta pemakaian kompresor secara baik dan benar. Perawatan berkala dan benar pada sebuah kompresor dapat menambah masa pakai kompresor jauh lebih awet dibanding kompresor yang belum pernah dirawat serta dibiarkan berdebu.