Langkah-langkah Penting Agar Terhindar dari Bahaya Seputar Peralatan Listrik

Perlengkapan listrik adalah salah satu kebutuhan yang perlu untuk kesibukan operasional setiap hari. Perumahan, pabrik, bangunan, gudang, lapangan terbang, dan lain-lain tidak terlepas dari keperluan perawatan kelistrikan. Untuk mengerjakan pemeliharaan, dibutuhkan yang namanya perlengkapan listrik. Tetapi, perlengkapan listrik sebetulnya rentan terjadi kerusakan sebab terkena air, cuaca buruk, serta terkena guncangan sekalipun. Karena itu dalam pemakaiannya, dibutuhkan pengetahuan teknik dan perawatan untuk menjamin alat itu bisa berfungsi seperti semestinya.

Berikut ada cara-cara yang dapat dikerjakan untuk menjaga perlengkapan listrik supaya tidak gampang rusak:

1. Teratur Membersihkan Perlengkapan Listrik

Kemungkinan terdengar sepele tetapi ini wajib rutin dikerjakan setelah penggunaan. Jika jarang dibersihkan bisa membuat perlengkapan listrik terkena debu, kotoran dan lain-lain. Debu serta kotoran yang mengendap di dalam perlengkapan itu bisa menyebabkan arus pendek jika terkena sengatan listrik saat mengerjakan pekerjaan.

Disamping itu, masalah lain bisa berlangsung karena perlengkapan listrik yang kotor. Misalnya ialah nilai ketahanan isolator menyusut, yang mengakibatkan berlangsung kegagalan listrik. Dalam arti kelistrikan seringkali disebutkan ground fault.

2. Hindari Terserang Air

Satu diantara hal yang paling berpotensi mengakibatkan kerusakan perlengkapan listrik ialah air atau kelembaban. Oleh karenanya, janganlah sampai perlengkapan listrik itu karena terkena air baik dengan cara langsung atau tidak.

Hindari juga menyimpan perlengkapan listrik dalam tempat lembab. Lingkungan yang lembab berdampak memunculkan karat pada elemen besi dan gangguan pada kapasitas perlengkapan listrik. Bahaya yang bisa berlangsung ialah short circuit dan kerusakan di bagian indikator.

Supaya perlengkapan listrik lebih bertahan lama, pastikan semua bagiannya dalam kondisi kering. Khususnya di bagian enclosure serta insulator. Dengan begitu, dampak kerusakan serta bahaya bisa dihindari.

3. Pastikan Sambungan Tidak Renggang

Sambungan listrik yang kendur atau renggang kebanyakan diakibatkan saat pemasangan kurang kencang. Mengakibatkan makin lama sambungan itu makin kendur.

Sambungan listrik yang renggang dapat menyebabkan kegagalan skema kelistrikan. Hal tersebut bisa membuat overheating yang berbuntut korsleting. Saat ini banyak masalah kebakaran rumah, gedung, kantor sampai pabrik sebab tentang korsleting listrik. Oleh karenanya, sambungan listrik yang rapat bukan hanya untuk menjaga perlengkapan listrik supaya lebih bertahan lama, dan juga untuk keselamatan kita.

Tidak hanya point di atas, ada satu hal yang perlu diingat. Anda perlu lakukan pergantian part atau sisi dari perlengkapan listrik Anda yang dipandang tidak layak pakai. Seperti kabel-kabel yang telah kendur atau mengelupas dan elemen detector yang lain.

Hal-Hal yang Perlu Dihindari dalam Memakai Perlengkapan Listrik:

  • Pertama, jangan pernah Anda menumpukkan banyak stop kontak pada satu sumber listrik. Ini sangatlah beresiko tetapi kerap dikerjakan. Makin banyak colokkan pada satu sumber adapter, karena itu makin besar juga dampak berlangsung kekenduran dan beban listrik yang tidak stabil. Mengakibatkan resiko seperti tersetrum atau korsleting bisa berlangsung.
  • Ke dua, pastikan jangan ada kabel yang terkelupas atau terbuka. Sesegera mungkin kerjakan penggantian kabel.
  • Ke tiga, pastikan steker yang dipakai tidak longgar. Ini seringkali berlangsung karena pekerja sering menemukan lubang colokan yang sempit namun dipaksakan. Mengakibatkan elemen penghantar bisa jadi rusak hingga mengurangi kapasitas peranan kelistrikan.
  • Ke empat, instalasi listrik di lingkungan terbuka (outdoor) membutuhkan steker spesial yang tertutup rapat dan bahan yang tidak berkarat. Ini bisa mengurangi resiko kerusakan karena perubahan cuaca sampai gigitan binatang.
  • Ke lima, lepaskan steker dari sumber jika tidak terpakai . Tidak hanya bisa membuang daya listrik yang menyebabkan bengkaknya biaya PLN, hal itu dapat membuat kerusakan permanen pada perlengkapan listrik Anda.