pencegahan kecelakaan kerja

Pentingnya Untuk Tidak Mengabaikan Penggunaan Alat Pelindung Diri di Tempat Kerja

pencegahan kecelakaan kerja

pencegahan kecelakaan kerja – Melindungi diri dari risiko pekerjaan tidak hanya untuk keselamatan pribadi saja. Perlindungan diri harus memerhatikan keselamatan orang lain. Kelalaian yang kita kerjakan mungkin tidak membahayakan diri kita tetapi bisa membahayakan orang lain.

Karena itu kepedulian antar sesama pekerja harus ditingkatkan. Begitu juga dengan pemakaian alat pelindung diri. Berikut 3 hal yang bisa terjadi bila Anda menyepelekan fungsi alat pelindung diri:

1. Penggunaan Sepatu Safety.

Sepatu yang Anda pakai waktu bekerja tidak dapat Anda samakan dengan sepatu yang biasa Anda pakai saat berjalan di Mall atau tamasya. Perlindungan kaki saat mengerjakan pekerjaan justru akan semakin lebih berdampak untuk mengakibatkan cedera, terlebih cedera pada ujung kaki yang diakibatkan tidak adanya fitur pelindung ujung kaki pada sepatu yang dipakai pekerja.

Selain itu bila ditelusuri lebih lanjut, benda-benda tajam di area pekerjaan banyak sekali dan begitu beresiko untuk telapak kaki Anda. Beberapa hal beresiko yang dapat diminimalisir bila kita memahami betul apa sebenarnya peranan sepatu safety diciptakan.

2. Pemakaian Pelindung pendengaran.

Pengawas pekerja pabrik seringkali sekali mendapati karyawan mereka dengan sengaja lalai dalam memakai alat pelindung pendengaran. Walau sebenarnya, tingkat kebisingan yang dibuat oleh mesin pabrik tidak dapat disesuaikan secara baik oleh telinga manusia.

Bila terus menerus terpapar polusi suara yang melewati batas jangkauan pendengaran manusia, yakni 40-50 dB, telinga kita akan mengalami kerusakan non-permanen. Pakailah earplug atau earmuff untuk terhindar dari efek ini.

3. Terkontaminasi Beberapa Zat Berbahaya.

Pabrik yang memproduksi benda-benda yang memiliki kandungan logam bisa mengeluarkan polusi Nitrogen Oksida (NOx). Nitrogen Oksida (NOx) salah satu jenis bahan pencemar udara, di samping bahan pencemaran udara lainnya seperti debu, CO, SO2 dan sebagainya.

Baik secara sendiri atau bersamaan bisa menimbulkan masalah pada manusia, hewan serta tumbuhan dan beberapa benda lainnya. Maka, proses pembakaran di industri logam tentu jadi produsen Nitrogen Oksida dalam jumlah besar.

Karena itu solusi yang tepat ialah memakai masker yang dapat menetralisir polusi itu seperti jenis masker carbon active atau microfiber.

Beberapa hal buruk di atas adalah sebagian kecil dari beberapa hal yang mungkin terjadi bila Anda tidak memperdulikan fungsi penggunaan alat pelindung diri Anda dengan baik dan benar. Terapkanlah pemakaian alat pelindung pendengaran dengan benar sebagai budaya kerja serta filosofi jika nyawa Anda benar-benar berharga serta memakai alat pelindung diri secara benar adalah kebiasaan baik bagi Anda dalam bekerja.

Kemalangan dalam bekerja adalah hal yang tidak diperkirakan tapi bila Anda memiliki ketrampilan, pemahaman, serta potensi dalam melindungi diri Anda supaya terhindar dari 3 hal di atas, maka keselamatan Anda akan lebih terjaga.

Masing-masing alat pelindung diri memang tidak saling berkaitan keduanya namun penting untuk dipakai secara keseluruhan dalam melindungi badan kita dalam bekerja. Dalam memakai alat pelindung diri, sebaiknya pakailah alat yang membuat Anda nyaman dalam memakainya.

Hingga pekerja yang memakai alat pelindung diri dapat bergerak secara bebas serta efektifitas kerja bisa dicapai. Diharapkan bagi tiap pemilik perusahaan dapat memberi peralatan alat pelindung diri yang terbaik bagi karyawannya.