Tips Merawat Walkie Talkie atau Handy Talky serta Jenis-Jenis Baterainya

cara perawatan handy talky

Walkie Talkie atau Handy Talky sebuah alat komunikasi yang memiliki bentuk seperti dengan telephone genggam serta mempunyai signal yang searah. Karena signalnya yang harus searah ini maka pengirim pesan serta penerima tidak dapat berbicara secara bersamaan.

HT memakai gelombang radio dengan frekwensi khusus. Hingga cukup seringkali digunakan untuk komunikasi yang berbentuk sementara sebab salurannya bisa ditukar setiap saat. Dengan tehnologi yang makin canggih, jangkauan HT tidak hanya sampai 2 mil, tetapi bisa meraih hingga jarak 12mil.

Piranti HT dibuat jadi piranti komunikasi portabel hingga sesuai untuk lakukan hubungan komunikasi antar perorangan atau antar golongan. HT adalah satu diantara alat yang memakai komunikasi memakai frekwensi gelombang radio tanpa memakai kouta atau pulsa hingga lebih efektif. Dengan efisiensi ini, aplikasi HT cukup seringkali diketemukan pada industri konstruksi, Oil & Gas, energi, pertambangan, sampai kepentingan operasional gedung.

Nah, di bawah ini ialah langkah mudah merawat Handy Talky :

Jangan Terlalu Lama Saat Proses Pengecasan Baterai

Waktu Anda melakukan pengecasan sangatlah dianjurkan jangan terlalu lama, karena daya baterai akan cepat mengembung hingga mempercepat usia baterai. Jika baterai pada HT Anda telah penuh, selekasnya lepas pengecasnya.

Jangan Memaksakan Cas Baterai dengan Voltase Tinggi

Ampere atau tegangan listrik yang besar dapat memengaruhi daya baterai pada HT. Karena itu, sangatlah kami anjurkan memakai adapter cas standard bawaannya. Pada charger bawaan sudah dilengkapi serangkaian penambahan hingga tegangan dari adaptor tidak langsung ke baterai. Dan ada indikator lampu sebagai pemberi tanda jika baterai telah penuh.

Jangan Terlalu Sering Mengecas

Jika tanda pada baterai HT hanya berkurang sedikit, jangan langsung dicas. Makin banyak frekwensi cabut pasang charger, karena itu makin sedikit ketahanan baterai. Jika baterai hampir habis, seharusnya lakukan pengecasan.

Tetap Menjaga Suhu Baterai

Taruhlah HT dalam tempat dengan suhu sejuk serta tidak lembab. Jika penggunaan di lapangan tidak memungkinkan hal itu, maka butuh jadi perhatian suhu dari piranti HT tersebut. Jika telah panas, karenanya selekasnya simpan atau didiamkan dalam tempat sejuk untuk sementara. Ini mempunyai tujuan agar menahan overheat yang bisa berlangsung pada baterai hingga mengakibatkan kerusakan fungsi HT jika dibiarkan.

Hindari HT dari Percikan Air

Adanya cairan yang masuk ke HT, bisa menyebabkan korsleting. Ini seringkali berlangsung sebab ketidaksengajaan atau kelengahan pemakai. Seharusnya Anda memakai cover atau tas kecil yang bisa membuat perlindungan piranti HT dari air khususnya saat cuaca hujan.

Jenis-Jenis Baterai yang Dapat Digunakan pada HT

Baterai Li-ion (Lithium-ion)

Baterai ini terbanyak dipakai pada piranti HT sebab mempunyai bentuk yang ringan, mempunyai kemampuan penyimpanan daya yang benar-benar baik, dan rasio penurunan daya yang kecil berkisaran 5% dan tidak mempunyai memory effect (dampak kristalisasi pada baterai bila tidak dipakai untuk jangka waktu yang lama).

Baterai NiCD

Kelebihan baterai tipe ini ialah mempunyai tegangan yang lebih konstan tetapi mempunyai kemungkinan mengalami memory effect. Baterai type ini mempunyai kemampuan yang relatif mengalami penurunan hingga proses pengisian ulangnya baik dikerjakan saat baterai habis.

Baterai Li-Po (Lithium-Polymer)

Baterai ini memakai bahan polymer hingga lebih rawan pada benturan. Tetapi, baterai type ini mempunyai kemampuan penyimpanan rata-rata 20% lebih besar daripada baterai Li-ion.

Baterai NiMH

Baterai ini adalah peningkatan dari baterai NiCD, yang mana baterai ini tidak memakai gabungan senyawa kimia hingga baterai type ini lebih ramah lingkungan. Kemampuan baterai type ini lebih besar dari baterai NiCD. Tetapi, baterai NiMH ini mempunyai memory effect tetapi sifatnya cuma sementara saja, hingga lebih fleksibel dibanding dengan tipe baterai NiCD.