Nitrile Rubber (NR = karet alam) adalah “homopolymer” dari “isoprene”. NR dihasilkan dari getah (Latex) tanaman karet (Hevea Brasiliensis). Dikenal sebagai Buna-N, Perbunan, atau NBR, adalah kopolimer karet sintetis dari akrilonitril (ACN) dan butadiena.

Perdagangan nama termasuk Nipol, Krynac dan Europrene. Nitrile Butadiena Rubber (NBR) merupakan kopolimer tak jenuh monomer butadiena 2-propenenitrile dan berbagai (1,2-butadiena dan 1,3-butadiena).

Nitrile Rubber memiliki sifat fisik dan kimia yang berbeda-beda tergantung pada komposisi polimer, namun bentuk karet sintetis umumnya tahan terhadap minyak, bahan bakar, dan bahan kimia lainnya.

Digunakan dalam industri otomotif dan penerbangan untuk membuat selang bahan bakar dan penanganan minyak, segel, dan grommets. NBR berkemampuan untuk menahan berbagai suhu dari -40 ° C sampai 108 ° C membuat material ideal untuk aplikasi aeronautika. Nitrile butadiena juga digunakan untuk membuat barang yang dibentuk, seperti menjadi alas kaki, perekat, sealants, spons dan tikar.

Nitrile Rubber lebih tahan dari karet alam untuk minyak dan asam, tapi memiliki kekuatan dan fleksibilitas lebih rendah. Nitrile Rubber umumnya tahan terhadap hidrokarbon alifatik. Nitrile, seperti karet alam, dapat diserang oleh ozon, hidrokaarbon aromatic, keton, ester dan aldehida.