Mengatasi Masalah Kesehatan Mental Yang Mengancam Pekerja Muda

Masalah Kesehatan Mental Yang Mengancam Pekerja

Kesehatan serta Keselamatan Kerja (K3) menjadi perhatian bagi tiap pekerja, tidak terkecuali bagi para pekerja muda. Penting untuk mewujudkan generasi pekerja yang aman serta sehat dalam bekerja.

Pekerja muda harus menjadi perhatian khusus sebab saat ini banyak pekerja muda dalam beragam sektor tidak mempunyai kesadaran serta belum mengaplikasikan K3. Akibatnya, banyak berlangsung kecelakaan kerja. Bahaya-bahaya yang ditemui dalam kerja berbeda-beda, ada bahaya biologis, bahaya psikososial, bahaya fisik, dan bahaya ekonomis.

Bagi para pekerja muda, para pekerja baru atau itu merupakan pekerjaan pertamanya, dia cenderung tidak memiliki keberanian untuk mengutarakan bahwa kondisinya sedang tidak sehat. Ia belum memiliki kemampuan secara mental untuk bisa menyuarakan kebutuhannya kepada pihak lain.

Di era ekonomi digital, banyak pekerja muda banyak mempunyai masalah kesehatan mental. Ini karena kondisi serta tuntutan para pekerja media serta kreatif ada pada ranah kognitif serta intelektual, hingga tekanan serta kondisi kerja sangat berdekatan dengan kondisi mental.

Jam kerja yang panjang atau dituntut deadline yang tiada henti yang membuat stres dalam bekerja dapat memengaruhi kondisi mental.

Dalam kondisi ini, diperlukan keterkaitan aktif dari pekerja muda terkait upaya pencegahan K3. Saat ini, telah dikerjakan dengan upaya memasukkan K3 dalam kurikulum anak-anak sekolah yang diharapkan bisa membuat upaya pencegahan sejak awal yaitu bagaimana melindungi diri saat hadapi bahaya.