Mengenal Jenis Alat Material Handling yang Biasa Digunakan di Industri

jenis alat material handling adalah

Apakah Material Handling itu? Secara simpel bisa dikatakan jika material handling adalah sebuah pergerakan, penyimpanan atau pengaturan pada produk-produk di pabrik atau gudang dengan cara aman. Pekerjaan itu tentu saat ini tidak lagi memakai tenaga manusia sepenuhnya tapi dibantu oleh perlengkapan atau peralatan yang seringkali disebutkan perlengkapan Material Handling.

Sebagian besar perlengkapan yang ada, memiliki karakteristik serta harga yang tidak sama. Di bawah ini ialah peralatan-peralatan material handling yang biasanya di pakai oleh industri:

Lifting Scissors

Lifting Scissor adalah alat angkut yang digunakan untuk mencapai ketinggian yang sangat sulit dijangkau dengan cara manual. Dioperasikan dengan cara full electric bersistem hydraulic dengan standar keamanan tinggi pada tiap platformnya sangat mungkin untuk operator bisa dengan mudah menyelesaikan pekerjaan operasional di atas ketinggian, seperti instalasi kaca gedung, pembenahan atap, perbaikan, serta lain lain.

Alat ini dibuat untuk mengangkat barang- barang besar, tapi umumnya beban terbatas 1-2 orang operator saja (biasanya tergantung material yang akan dibawa). Beban basis aluminium yang mudah menjadikannya begitu cocok dipakai di semua tipe ruangan baik indoor atau outdoor. Seperti di gudang, hangar, bengkel, portal lift serta lainnya. Basis dioperasikan dengan diangkat serta di turunkan memakai tenaga hidrolik serta prosedur seperti gunting.

Hand Pallet

Hand Pallet adalah perlengkapan material handling yang berperan dalam perpindahan beberapa barang yang lebih mudah, efektif, serta hemat waktu. Hand Pallet berbentuk truck kecil dengan 4 roda kecil, 1 buah kemudi sisi belakang, serta 2 “garpu” yang dipakai untuk mengangkat barang. Adanya roda itu mengurangi beban saat menggerakkan hand pallet itu. Pemakaian hand pallet sangat utama pada aktivitas-aktivitas yang mempunyai hubungan erat dengan bahan yang mempunyai bobot cukup berat, khususnya pada skema pekerjaan industri. Sangatlah menyusahkan jika seseorang harus mengangkat bahan baku yang beratnya hingga sampai puluhan serta beberapa ratus kilogram. Serta hal tersebut juga menyita banyak tenaga dan waktu yang jadikan pekerjaan lainnya jadi tidak terurus. Oleh karena itu penggunaan alat ini sangat membantu dalam proses pekerjaan di Industri. Aplikasi yang seringkali kita lihat ialah di Toko Perkakas, Supermarket, Warehouse saat sedang membawa beberapa barang dengan jumlah yang banyak.

Hand Stacker

Hand Stacker digunakan dalam pekerjaan operasional suatu perusahaan sebagai alat untuk mengalihkan serta pengangkatan beban, baik menempatkan dari truk atau membenahi di atas rak-rak dengan ketinggian yang sangat sulit dicapai agar lebih gampang, efektif serta hemat waktu dengan skema kerja hidrolik. Hand Stacker bisa berperan secara baik jika dipakai di tempat yang halus, Hand Stacker mempunyai beberapa jenis roda yang sesuai dengan tempat pekerjaan pengangkutan. Hand Stacker memakai mekanisme langkah kerja hidrolik yang dioperasikan memakai pemompaan dengan cara manual atau elektrik di saat pengangkatan garpu. Pemompaan manual pasti lebih memerlukan tenaga tambahan untuk memompa. Tidak serupa dengan elektrik yang dapat memompa sendiri dari energi listrik yang menggerakan proses pompa hidroliknya. Dari sisi harga pasti elektrik semakin lebih mahal dari manual. Kemampuan Hand Stacker berkisar di antara 1 – 3 Ton. Dengan tinggi angkat 1 sampai 6 meter.

Forklift

Forklift biasa digunakan dalam perpindahan barang yang memiliki kapasitas besar baik indoor atau outdoor, termasuk juga dalam pekerjaan bongkar muat barang di dermaga, pabrik, gudang, ekspedisi, supermarket, serta lain lain. Dioperasikan dengan cara electrik agar bisa menaikturunkan beban dan bermanuver dengan jarak yang cukup jauh. Operator bisa dengan mudah menjalankan alat ini dengan duduk di atas cab operator yang sudah disiapkan dengan bermacam fitur, salah satunya monitor LCD digital multi fungsi, tombol kendali kecepatan, alarm, rem yang bisa dikendalikan otomatis, sabuk pengaman, dan lain-lain. Alat ini benar-benar ramah lingkungan serta tidak menyebabkan polusi, serta sudah dilengkapi skema manajemen baterei canggih untuk memaksimalkan waktu pakai baterei. Pemakaian forklift dipandang begitu membantu sebab selain bisa mengirit biaya operasional, dan juga produktivitas kerja meningkat. Kemampuan forklift pada umumnya berkisar di antara 1 Ton – 10 Ton dengan daya angkat semasing unitnya dapat mencapai sampai ketinggian 3 Meter sampai 6 meter.