Tips Membuat Safety Talk Meeting di Kantor Tidak Membosankan

Sebagian karyawan mungkin saja pernah memiliki pendapat jika mengikut toolbox meeting kadang sangat terasa membosankan, sebab materi yang disampaikan diulangi “itu-itu saja”. Lalu, kenapa toolbox meeting harus dilaksanakan berulangkali?

Sebagai karyawan, sebenarnya ada banyak poin utama yang harus Anda ketahui tentang toolbox meeting ini. Apakah itu toolbox meeting dan kenapa harus dilaksanakan rutin saat sebelum memulai suatu pekerjaan?

Safety talk atau Toolbox meeting adalah tatap muka singkat yang biasanya dikerjakan saat pagi hari saat sebelum dimulai pekerjaan yang dipegang oleh supervisor atau safety officer. Rapat singkat ini kebanyakan mengulas topik kesehatan serta keselamatan kerja yang beragam. Dimulai dari ulasan pekerjaan yang sudah dijalankan sebelumnya, pembagian pekerjaan ke masing-masing karyawan, proses kerja aman, dan paling utama ialah mengingatkan untuk tiap karyawan agar mematuhi dan menjalankan pekerjaan dengan aman.

Lalu bagaimanakah penerapan toolbox meeting supaya tidak membosankan?

Ada cara-cara yang bisa anda coba agar aktivitas toolbox meeting tidak terasa membosankan. Berikut cara yang bisa Anda praktikkan saat melaksanakan toolbox meeting:

Memakai Pendekatan Baru dengan Studi Kasus

Agar karyawan lebih semangat dan terpacu ikuti toolbox meeting, sebaiknya bila Anda memakai pendekatan atau sistem baru. Diantaranya dengan studi kasus, Anda dapat bercerita contoh kasus sesuai pekerjaan yang sudah dikerjakan, kecelakaan kerja yang terjadi atau terkait dengan audiensi.

Sampaikan Informasi atau Isu terkini Terkait K3

Selain mengulas mengenai mekanisme kerja, potensi terjadinya bahaya, dan pengendaliannya, Anda bisa juga menambah info menarik dan ter-update yang terkait K3 atau pekerjaan yang akan dikerjakan. Materi ini pasti diminati para karyawan sebab memberi info baru untuk mereka, khususnya untuk karyawan baru.

Ikutsertakan Kkaryawan dalam Toolbox Meeting

Ajak para karyawan untuk lebih aktif sampaikan gagasannya dalam toolbox meeting. Anda dapat minta opini para karyawan berkenaan suatu tema. Selalu tanggapan tiap pertanyaan yang disodorkan oleh audiensi meeting. Terhubungnya komunikasi dua arah di antara supervisor atau safety officer dengan karyawan jadikan toolbox meeting berjalan lebih dekat dan hangat. Keaktifan karyawan dalam toolbox meeting bisa menggambarkan kepedulian mereka berkenaan implementasi K3 pada tempat kerja.

Buat Toolbox Meeting yang Singkat, Padat, dan Jelas

Penyuguhan materi yang berbelit-belit hanya akan membuat situasi meeting jadi membosankan. Selain penentuan topik yang memikat, pastikan ulasan dibentuk singkat, padat, dan jelas. Pastikan waktu toolbox meeting tidak melewati 10-15 menit.

Walau waktunya terbatas, penerapan toolbox meeting jangan main-main. Supervisor atau safety officer yang bekerja selaku koordinator harus memiliki rencana toolbox meeting sebagus dan se-efekif mungkin. Yakinkan seluruh karyawan yang turut serta mendalami apa yang sudah diterangkan pada toolbox meeting. Anda bisa memeriksanya dengan menanyakan dan membenarkan opini dari karyawan

by OSHA Staff Tips