5 Tips Menentukan Boots yang Aman untuk Berkendara

Sepatu boots sudah jadi populer di golongan pengendara sepeda motor sebab tipe sepatu ini tawarkan perlindungan dan ketahanan yang mereka perlukan saat berkendara di jalanan. Tidak cuma itu, menggunakan sepatu boots masih nampak stylish untuk digunakan di kantor atau mall.

Saat memilih sepatu boots yang serbaguna, pengendara sepeda motor perlu memperhatikan beberapa karakteristik untuk pastikan sepatu yang mereka pilih membuat perlindungan dan membantu mereka berkendara dengan aman di bawah kondisi jalan atau cuaca apa saja.

Timberland, salah satu produsen sepatu boots yang populer di kalangan pengendara sepeda motor, share tips mengenai apa elemen yang perlu dicari dalam sepatu boots untuk melindungi kaki serta membuahkan pengalaman berkendara yang nyaman.

1. Kulit yang tebal

Sepatu boots kulit mempunyai ketebalan yang beragam. Untuk pengendara sepeda motor, lebih bagus memakai sepatu boots yang dibuat dari kulit yang tebal dan fleksibel. Ini sangat mungkin pengendara sepeda motor menggerakkan kaki mereka dengan bebas dan memperoleh perlindungan yang wajar. Kulit tebal yang tidak gampang robek akan membuat perlindungan pemakai dari guratan serta memar kalau mereka jatuh atau tentang benda tajam saat berkendara.

2. Sol karet dengan cengkraman yang kuat

Pengendara sepeda motor akan memerlukan sepatu boots yang “mencengkram” pijakan kaki sekuat cengkraman di jalanan. Sol karet, seperti sol lug, dengan tepian yang dibuat dengan cara sempurna, menawarkan cengkraman yang kuat di atas jalanan yang licin sebab air atau minyak, membuat beberapa pengendara sepeda motor masih aman. Disamping itu, sol diperlukan membuat perlindungan kaki dari mencapai benda tajam di jalan.

3. Badan boots yang dijahit ke sol

Ciri-ciri sepatu boots yang baik lainnya ialah saat badan sepatunya dijahit dengan kuat ke sol, bukan hanya dilem. Ini ialah feature yang penting untuk pastikan jika sepatu boots tidak robek dibagian sol saat pengendara dengan cara tidak sengaja jatuh dari kendaraannya. Sol yang dijahit membantu daya tahan sepatu serta sangat mungkin pemakai untuk menggunakannya sepanjang tahun.

4. Bahan yang tahan banting dalam semua cuaca

Sepatu boots yang dikenakan oleh pengendara sepeda motor harus jaga kaki supaya tetap kering pada keadaan cuaca apa saja. Sepatu boots harus tahan air meskipun dibuat dari kulit yang dipoles, nubuck, atau suede membuat perlindungan kaki waktu hujan atau saat dengan cara tidak menyengaja mencapai genangan air. Di saat yang serupa, sepatu boots harus mempunyai ventilasi yang baik hingga kaki masih dapat bernafas walaupun cuaca dan jalan panas.

5. Tali sepatu yang kuat

Sepatu boots dieratkan dengan beberapa cara, kebanyakan dengan tali sepatu, walau ada beberapa yang memakai gesper. Untuk pengendara sepeda motor, tali sepatu menawarkan beberapa keuntungan. Pertama, mereka bisa dilonggarkan atau dikencangkan, khususnya saat pengendara sepeda motor mengenakan kaus kaki. Disamping itu, sepatu boots ini bisa dengan mudah dibuka serta dilepas dari jika pengendara sepeda motor jatuh serta terluka. Untuk keamanan tambahan, pengendara sepeda motor harus pilih sepatu boots dengan tali sepatu tebal yang dibuat berbahan yang keras serta bertahan lama, seperti ripcord.

Tentunya, semakin baik kualitas serta konstruksi sepatu, harga menjadi makin mahal. Tetapi, lebih mahal untuk menjaga kaki yang terluka dibanding beli sepatu boots yang bermutu. Beli sepatu boots ialah investasi yang wajar untuk penjelajahan yang tidak ternilai harganya.